progrisacon | Psikolog Jogja | Biro Psikologi Jogja | Tes Seleksi Karyawan

Psikolog Jogja | Biro Psikologi Jogja | Melayani tes psikologi di Yogyakarta untuk seleksi karyawan perusahaan, sekolah dan sebagainya. WhatsApp : 0817-0434-500

Responsive Ads Here

Friday, April 19, 2019

Seleksi Karyawan Dengan Tes Psikologi Jogja

Semua perusahaan menginginkan proses perekrutan atau tes seleksi karyawan bekerja dengan baik. Diharapkan pelamar kerja atau kandidat yang terpilih dapat berkontribusi pada kemajuan perusahaan untuk mencapai tujuannya dan juga meningkatkan pendapatan secara finansial. Proses seleksi yang dilakukan biro psikologi Jogja Laksita Educare umumnya dilayani mulai dari tes psikologi di Jogja hingga wawancara kerja.

Untuk alasan ini, perusahaan berusaha untuk mempersingkat proses perekrutan sehingga lebih efektif dan efisien dalam mencari karyawan yang memadai dan berkualitas.

Tes Seleksi Karyawan Biro Psikologi Jogja Laksita Educare

Cara mereka dilakukan dalam proses perekrutan karyawan di perusahaan biasanya melalui beberapa tahapan diantaranya sebagai berikut :

1. Identifikasi kebutuhan untuk suatu posisi

Identifikasi terlebih dahulu posisi baru atau perubahan karyawan di perusahaan. Salah satu cara terbaik untuk melihat ini adalah situasi di mana karyawan memiliki terlalu banyak beban kerja, sehingga mereka membutuhkan bantuan.

Keputusan untuk merekrut karyawan baru harus seimbang dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan yang ada. Hasil rekrutmen ini harus sesuai dengan rencana bisnis perusahaan.

Akan lebih baik jika Anda memberikan informasi kepada mantan karyawan terlebih dahulu jika tim SDM akan merekrut.

2. Rencana Perekrutan untuk Posisi yang Diinginkan.

Setelah proses identifikasi yang dilakukan bersamaan dengan mendeskripsikan pekerjaan untuk posisi tersebut guna memfasilitasi pengembangan sumber daya manusia untuk menemukan tenaga kerja yang tepat.

Buat rencana rekrutmen berdasarkan informasi itu, pikirkan tentang bagaimana tim SDM akan mempublikasikan informasi pekerjaan, siapa yang akan meninjau keseluruhan proses dan siapa yang akan berpartisipasi ketika wawancara dilakukan.

3. Publikasikan lowongan

Laporkan lowongan ini, termasuk karyawan lama, karena ada kemungkinan besar bahwa ada kandidat internal untuk perusahaan yang dapat memenuhi kriteria ini. Keberhasilan publikasi lowongan juga bervariasi, tergantung pada posisi yang ditawarkan oleh perusahaan dan cara pengiriman.

Beberapa posisi mungkin lebih cocok untuk publikasi melalui media cetak, seperti surat kabar lokal. Tetapi posisi lain mungkin lebih cocok untuk dipublikasikan secara online.

Namun, kemajuan teknologi saat ini mendorong semua perusahaan untuk mengirim posting pekerjaan online. Situs web perusahaan juga memainkan peran penting dalam proses ini.

Tim pengembangan sumber daya manusia juga dapat merekrut melalui LinkedIn. Berikan informasi yang berguna di halaman perusahaan, misalnya, sehingga Anda dapat mengundang pekerja yang memenuhi syarat yang kemudian melamar. Lakukan ini dengan tim pengembangan SDM lainnya atau bahkan dengan karyawan lain.
tes psikologi di Jogja

4. Tinjau permintaan entri

Jika departemen sumber daya manusia telah menerbitkan penawaran pekerjaan secara efektif, mereka akan "dibanjiri" dengan presentasi. Administrator SDM akan menerima aplikasi yang difilter menurut spesifikasi dan persyaratan.

Pelamar dievaluasi berdasarkan kondisi yang dipenuhi dan kemudian dihubungi oleh perusahaan. Tujuan dari tes ini adalah efisiensi waktu.

Tim seleksi, manajer sumber daya manusia dan tim pengembangan sumber daya manusia akan mencari pasangan kandidat melalui telepon dan wawancara langsung di tahap berikutnya.

5. Wawancara kandidat yang memenuhi syarat

Meninjau surat lamaran kerja dan percakapan telepon akan membatasi calon karyawan pada sekelompok kandidat yang paling memenuhi syarat. Jadwalkan wawancara kerja dengan mereka untuk membuat perbandingan di antara mereka.

Pastikan para kandidat telah mengisi formulir lamaran kerja, termasuk izin bagi perusahaan untuk memeriksa referensi, latar belakang, dll. Sementara itu, beri tahu mereka yang belum berhasil sehingga mereka tidak terus menunggu kabar.

Jadwalkan wawancara kedua dengan kandidat paling memenuhi syarat yang telah dieliminasi dari wawancara pertama. Saat ini, Anda sebagai pemilik perusahaan atau manajer sumber daya manusia dapat memverifikasi latar belakang dan latar belakang kandidat.

6. Tinjau referensi dan latar belakang

Pastikan untuk memeriksa semua klaim yang menurut kandidat termasuk kredensial pendidikan, riwayat pekerjaan dan catatan kriminal. Jika memungkinkan, sumber informasi terbaik adalah manajer atau penyelia langsung dari kantor mantan kandidat.

Selain itu, ketika melihat profil kandidat di jejaring sosial, dalam hal ini, publikasi yang mereka lakukan dimasukkan dalam proses rekrutmen untuk mengetahui lebih banyak tentang kandidat. Untuk melakukan proses ini, gunakan ekstensi Chrome ini sehingga pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat

7. Pilih orang yang paling berkualitas.

Jika Anda telah membuat keputusan positif tentang seorang kandidat, tentukan kompensasi / gaji yang ditawarkan perusahaan kepada orang tersebut. Untuk memfasilitasi penggajian di perusahaan Anda, gunakan perangkat lunak SDM. Jangan buang waktu melakukan kerja manual.

Tujuh langkah ini adalah faktor penting dalam meyakinkan Anda dan manajer sumber daya manusia sebelum menerima dan menawarkan posisi yang diperlukan.

8. Buat penawaran dan berikan informasi kepada kandidat yang tidak berhasil

Sekarang adalah waktu untuk mengajukan penawaran secara tertulis. Buat penawaran sesuai dengan kapasitas dan hasil dari kontrol referensi sebelumnya.

Minimal, pastikan tim manajemen SDM memberi tahu kandidat bahwa mereka belum berhasil. Karena itu sangat penting untuk menjaga citra perusahaan di hadapan publik.

9. Negosiasikan detail gaji dan tanggal mulai kerja

Semakin tinggi posisi yang ditawarkan, semakin besar kemungkinan kandidat menegosiasikan gaji, pembayaran lembur, asuransi kesehatan, dll.

Cobalah untuk menawarkan gaji yang sedikit lebih tinggi daripada presentasi Anda jika benar-benar berkualitas tinggi dan terbukti, tetapi masih sesuai dengan anggaran perusahaan.

Bagikan manfaat yang bisa Anda dapatkan jika Anda bergabung dengan perusahaan Anda yang tidak diperoleh dari perusahaan sebelumnya.

Proses ini juga menentukan tanggal mulai pekerjaan, karena umumnya para kandidat meminta waktu untuk melakukan proses pengunduran diri perusahaan sebelumnya.

10. Selamat datang karyawan baru

Penggabungan karyawan baru di perusahaan mempengaruhi apakah Anda akan mempertahankan karyawan di masa depan atau tidak.

Setelah serangkaian tes seleksi karyawan tadi selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan karyawan baru sejak awal yang menerima tawaran pekerjaan. Tetapkan mentor untuk memandu karyawan dan pastikan dia merasa diterima oleh karyawan lain.

Konsultasi Psikolog Jogja | Biro Psikologi Jogja

Untuk konsultasi dan tes psikologi Jogja dan berbagai layanan lain dari Biro Psikologi Jogja Laksita Educare silahkan menghubungi kami melalui WhatsApp ke nomor 08170434500.